Friday 28 September 2012

Manfaat Survey


Melanjutkan postingan sebelumnya Definisi Survey dan Lowongan Kerja Survey, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai manfaat yang didapat dari kegiatan survey. Survey yang di dalam bahasa inggris disebut dengan self-administered survey memiliki beragam manfaat bagi sebuah perusahaan, organisasi maupun kelompok kecil tertentu. Secara umum, manfaat survey bagi perusahaan atau organisasi yang bergerak dalam bidang perdagangan barang maupun jasa antara lain :

1. Segmentasi 
Dari hasil survey, akan diketahui segmen pasar yang dituju, pengelompokan dilakukan berdasarkan sifatnya apakah homogen ataukah heterogen. Dalam hal ini adalah sifat yang dimiliki oleh sekelompok pembeli tertentu dengan melihat perbandingan atas pendapatan, jenis kelamin, umur, budaya, dan lain sebagainya.

2. Penentuan Target
Data yang telah disusun berdasarkan survey akan diketahui target pasar yang dibidik sebelum dilaksanakannya penetrasi pasar. Hal ini akan mendukung keefektifan manajemen perusahaan atau organisasi dalam pencapaian tujuan. Sebagai contoh konsumen sebagai target pasar yang kita bidik adalah kalangan ibu-ibu. Maka bentuk produk dan promosi yang dapat dilakukan diantaranya :

  • Produk rumah tangga, produk kecantikan dewasa, produk fashion, dll.
  • Promosi dilakukan dengan pendekatan yang menekankan manfaat utama dari produk yang ditawarkan.
  • Pemberian hadiah sebagai nilai lebih dalam penawaran.
  • Pemberian diskon sebagai penghargaan terhadap pembeli
  • Mengutamakan kualitas agar tidak mengecewakan konsumen.
  • dll.

3. Penempatan Posisi
Survey pasar akan menghasilkan data real terkait kedudukan produk yang akan ditawarkan. Apakah sebagai pemimpin pasar ataukah sebagai pengikut pasar. Apabila produk yang ditawarkan merupakan produk yang tergolong baru, maka dibutuhkan strategi untuk memunculkan kebutuhan yang baru pula bagi konsumen, terkait penggunaan dari produk yang akan ditawarkan. Namun apabila produk tergolong umum yang telah ada di pasar, maka dibutuhkan kerja keras dalam memenangkan persaingan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan promosi secara gencar.

4. Fokus
Dari hasil survey yang didapat akan membantu proses promosi produk yang lebih terfokus dan dengannya pula akan dapat ditentukan sistem manajemen apa yang efisien dilakukan untuk mencapai tujuan. Hal ini akan berdampak pada pemenuhan kepuasan pelanggan atau konsumen. Dengan survey pula, kekurangan yang dialami perusahaan atau organisasi akan mampu diminimalisir terutama dalam hal :

  • Manfaat produk
  • Harga
  • Pelayanan
  • Kemasan
  • Strategi pemasaran
  • Manajemen, dll.
Melihat pentingnya peran survey terhadap kemajuan perusahaan atau organisasi diatas, maka diperlukan strategi yang cermat dalam pelaksanaan survey agar menemukan data yang akurat dan real. Banyak lembaga-lembaga yang memanfaatkan momen tersebut untuk kepentingan bisnis, pengumpulan hasil survey oleh lembaga survey akan diserahkan kepada perusahaan atau organisasi yang membutuhkan, kemudian data survey akan digunakan perusahaan atau organisasi untuk kepentingan mereka.

Apakah teman-teman tertarik dengan bisnis survey tersebut? Bisnis survey yang akan saya beritahukan tidaklah dilakukan seperti pada umumnya, namun dilakukan secara online. Setiap survey yang berhasil teman-teman dapatkan akan ditukar dengan uang sebesar Rp. 2.000,00. Nominal yang besar untuk pekerjaan yang sederhana bukan? Komisi dapat diambil ketika mencapai batas pengambilan. Ingin tahu lebih lanjut? Inilah kesempatan yang besar bagi teman-teman yang ingin menggeluti bisnis online dibayar. Klik disini atau klik gambar dibawah, kemudian jawablah pertanyaan yang muncul, lalu klik SUBMIT.


Wujudkan kesuksesan masa depan dengan kemandirian. Keberuntungan tidaklah diberikan kepada orang yang tidak mau berusaha. Teruslah semangat tuk meraih cita-cita di kehidupan yang lebih baik.


__________________________
Referensi : www2.jogjabelajar.org

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More